Saat PPDB, Sistem Daring Tak Sepenuhnya Diterapkan

Editor: Ary B Prass

Di hari pertama pendaftaran PPDB SMP negeri, Surono melihat para orangtua dan calon siswa berkerumun sejak dibuka pukul 07.00 WIB. Pendaftar di zona 1, 2 dan 3 berbaur. Sehingga ia memutuskan membagi jadwal pendaftaran. Zona 1 yang memiliki peluang besar diterima, diminta mendaftar pada Selasa (22/6). Sedangkan pendaftar dari zona 2 dan 3 diminta terus melanjutkan proses.

“Seharusnya Senin jadwal pendaftar zona 1. Kemudian hari Selasa besok zona 2 dan 3. Tapi malah semua datang hari ini. Terpaksa dibagi. Dari zona 1 pulang dulu,” katanya.

Di sekolah ini, PPDB membuka daya tampung 256 anak dari zona 1, 2 dan afirmasi atau zona 3 di delapan kelas.

Seorang wali calon siswa asal Desa Karangmojo, Tasikmadu, Endah mengatakan, sengaja mendaftar dengan mendatangi sekolah. Alasannya, aplikasi pendaftaran online sulit diakses.

“Tadi pagi error. Bukan hanya di HP saya, tapi rata-rata sama tadi pagi. Kalau siangnya sudah lancar,” kata Endah yang mendaftar di zona 2.

Sementara itu di SMPN 2 Karanganyar, terlihat ramai orangtua dan calon siswa yang akan mendaftar. Kepala SMPN 2 Karanganyar Sri Muladi mengatakan pendaftaran bersistem daring dapat diakses di https://karanganyar.siap-ppdb.com kemudian memilih sekolahnya.

“Verifikasi berkas tetap diperlukan. Kami menyerahkan itu ke panitia. Berkas tentunya diserahkan ke sekolah,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI