SD Muhammadiyah Sapen Ditetapkan Sebagai Sekolah Penggerak

YOGYA, KRJOGJA.com – SD Muhammadiyah Sapen ditetapkan sebagai Sekolah Penggerak oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (PAUD Dasmen), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Hal ini berdasarkan surat keputusan bernomor 0301/C/HK.00/2022 tanggal 14 Januari 2022 yang ditandatangani Direktur Jenderal PAUD Dasmen, Jumeri.

“Kepercayaan ini telah memantik optimisme segenap stakeholders dan pimpinan SD Muhammadiyah Sapen untuk lebih meningkatkan kreasi, inovasi, dan kualitas layanan kepada peserta didiknya,” terang Kepala SD Muhammadiyah Sapen, Agung Rahmanto, Kamis (20/1/2022). Selain SD Muhammadiyah Sapen, SD Muhammadiyah lainnya di Kota Yogyakarta yang ditunjuk sebagai sekolah penggerak di antaranya SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2, SD Muhammadiyah Ngadiwinatan, SD Muhammadiyah Kleco 1, dan SD Muhammadiyah Danunegaran.

Sebagai sekolah penggerak, Agung menaruh harapan besar, SD Muhammadiyah Sapen bersama sekolah-sekolah dasar Muhamadiyah yang lain bisa menjadi ujung tombak transformasi pendidikan di Kota Yogyakarta, DIY serta Indonesia.

Menurut Agung, peningkatan sumber daya manusia, penguatan pendidikan karakter khususnya profil pelajar Pancasila, dan pengembangan digital di sekolah merupakan target utama dari sekolah penggerak ini. “Kita sedang memasuki destinasi pendidikan unggul dan berkemajuan di era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0. Digitalisasi pendidikan merupakan suatu hal yang sangat elementer dalam konteks pendidikan masa depan berkemajuan dengan tanpa meninggalkan nilai-nilai kearifan lokal dan penguatan pendidikan karakter peserta didik,” tuturnya.

SD Muhammadiyah Sapen berdiri pada 1 Agustus 1967. Di usianya yang ke-54 tahun, SD Muhammadiyah Sapen telah bertransformasi menuju sebuah sekolah masa depan yang mengusung konsep smart school yang telah dimulai dengan pembukaan kelas digital dan pembelajaran yang menggunakan hybrid learning selama masa pandemi.

SD Muhammadiyah Sapen memiliki berbagai program layanan pendidikan seperti kelas akselerasi, kelas cerdas istimewa bidang Matematika dan IPA, kelas digital, dan kelas reguler. Bidang prestasi dan jalinan pendidikan SD Muhammadiyah Sapen memiliki segudang prestasi dari tingkat nasional hingga internasional dan sekolah-sekolah mitra di berbagai negara serumpun dan mancanegara. (Dev)

BERITA REKOMENDASI