Selama PJJ, Guru Harus Bisa Menjadi Fasilitator

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 menjadikan pembelajaran tidak bisa dilakukan secara tata muka, tapi lebih banyak menggunakan model Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Selama PJJ keberadaan guru memiliki peran penting karena harus bisa menjadi fasilitator. Pasalnya di masa pandemi guru tidak hanya sebagai pendidik, namun juga membantu siswa mendapatkan informasi pembelajaran.

“Selama proses PJJ atau model daring , banyak hal hal yang harus di benahi, karena pembelajaran daring itu menyangkut beberapa pihak dan teknis pelaksanaannya di lapangan.Ada pihak sekolah, guru, siswa dan orangtua serta teknis pelaksanaannya di lapangan sangat dipengaruhi oleh fasilitas handphone siswa, kuota, sinyal serta internet di sekolah. Untuk itu guru diharapkan bisa menjadi fasilitator berbagai sumber pengetahuan,” kata pengamat pendidikan sekaligus mantan Ketua PGRI DIY, Ahmad Zainal Fanani SPd MA di Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Zainal Fanani mengungkapkan, tantangan pendidikan dalam situasi pandemi semakin kompleks. Untuk itu guru tidak hanya dituntut menjadi pendidik saja tapi juga fasilitator terhadap berbagai pengetahuan.

BERITA REKOMENDASI