Selama PJJ, Guru Harus Bisa Menjadi Fasilitator

Pelatihan-pelatihan guru ke depan harus berdasarkan praktik yang ada sekarang yaitu guru sebagai fasilitator. Kinerja guru juga akan dievaluasi, khususnya bagaimana mereka mendampingi siswa-siswinya dalam melakukan pembelajaran.

Walaupun sebetulnya sejumlah upaya sudah dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi persoalan yang sempat mewarnai pelaksanaan PJJ. Namun sebagian besar kendala yang sebelumnya mendominasi. Seperti fasilitas handphone siswa, kuota atau sinyal internet relatif tidak masalah. Namun semangat belajar siswa yang dalam mengikuti pelajaran kurang, masih menjadi tantangan bagi guru dan orangtua.

“Meski PJJ sudah hampir berlangsung selama 1 tahun,tapi bukan berarti tidak ditemukan adanya kendala. Terutama yang berkaitan dengan semangat belajar siswa, karena saat ini ada kecenderungan mereka mulai bosan. Akibatnya tidak jarang mereka dalam mengumpulkan tugas kurang atau sering terlambat, sehingga numpuk sampai akhir semester. Untuk itu harus ada kerja sama antara sekolah, wali kelas, guru dan orangtua siswa,” paparnya.(Ria)

BERITA REKOMENDASI