Seleksi Sekolah Penggerak SDMnya

YOGYA, KRJOGJA.com – Seleksi calon sekolah penggerak adalah pada Sumber Daya Manusianya, kepala sekolahnya. Infrastrutur menyusul belakang. Seperti apa pun sekolahnya, kalau kepalanya sekolahnya bagus, akan bisa menjadi sekolah yang bagus. Sebab kuncinya ada pada kepala sekolah. Kalau dia bagus, mampu mengelola sekolah penggerak.

Hal ini disampaikan oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek RI Dr Iwan Syahril PhD saat silaturahmi dengan keluarga besar Tamansiswa di Gedung Data Tamansiswa Yogyakarta, Minggu (24/4/2022). Silaturahmi dipandu oleh Panitera Umum Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa (MLPTs) Ki Dr Saur Pajaitan MM dan Panitera Harian Nyi Hermin Tri Prasetyowati MPd.

“Kalau kepala sekolahnya bagus, yakin bisa menjadi penggerak. Maka yang menjalani seleksi kepala sekolahnya, ” kata Iwan Syahril.

Dirjen GTK memberi contoh beberapa kepala sekolah di luar Jawa. Menghadapi kekurangannya, mereka bekerjasama rukun, dan egaliter. Semua jenjang pendidikan dari TK sampai SMA/SMK. Tidak pandang pangkat dan tingkatan pendidikan serta usia. Demikian pula yang memberikan pelatihan justru umumnya lebih muda. Dirjen GTK juga memberikan contoh ada sebuah sekolah di perkampungan nelayan, karena kepalanya bagus, cakap maka bisa menjadi sekolah yang bagus, menjadi sekolah penggerak.

BERITA REKOMENDASI