Siap Gratiskan Biaya, Sekolah Bhinneka Tunggal Ika Terima Siswa Baru

YOGYA, KRJOGJA.com – Setelah sempat dilanda konflik internal, Sekolah Bhinneka Tunggal Ika (BTI) yang berada di Jalan Kranggan Yogyakarta kembali berbenah menjelang tahun ajaran baru 2018. Sekolah yang mengampu jenjang SD, SMP dan SMA ini kini mulai melaksanakan penerimaan siswa baru dari berbagai kalangan masyarakat.

Kuasa Hukum BTI, Oncan Purban SH mengatakan pihaknya saat ini telah mengantongi legalitas yayasan dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Hal tersebut menurut dia menjadi bukti bahwa BTI saat ini sudah berbenah dan kembali siap memajukan generasi muda bangsa melalui pendidikan.

“Kami sudah mendapatkan legalitas dari Kemenkumham 21 Februari 2018 sehingga lebih tenang untuk melangkah kedepan. Kami mulai membuka pendaftaran siswa baru untuk jenjang SD, SMP dan SMA tahun ajaran 2018,” ungkapnya dalam temu pers Jumat (22/6/2018) siang.

Tjokir Sam, Ketua Yayasan BTI menambahkan bahwa sekolah BTI membuka peluang sebesar-besarnya bagi anak-anak untuk belajar bahkan tanpa adanya pungutan biaya. Secara khusus BTI bahkan menyatakan ingin memberikan pendidikan tanpa mengedepankan materi pembiayaan.

“Niat kami tetap berusaha agar sekolah BTI tetap eksis dan ada muridnya, guru-guru bisa bekerja memajukan generasi muda Indonesia. Kalau ada siswa yang tidak mampu tapi ingin bersekolah, kami membuka pintu untuk mereka dan lima pendaftar pertama SD-SMP tidak perlu membayar biaya uang gedung, kalau ada yang lain kami juga siap mencarikan orangtua asuh,” terangnya.

Sementara terkait adanya 16 siswa yang selama setengah tahun kebelakang harus belajar di luar yayasan BTI meski masih menempati gedung yang notabene sekolah BTI, pihak yayasan berharap mereka bisa melakukan pendaftaran ulang layaknya siswa yang memulai tahun ajaran baru. “Kami himbau mereka mendaftar ulang, kalau tidak mau ya berarti mereka tak ingin kembali bersekolah di Bhinneka. Daftar ulang ini bentuk pertanggungjawban kami ke Dinas Pendidikan,” ungkapnya lagi. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI