Sikap Perilaku Pengaruhi Kelulusan Pada Ujian Kejar Paket

BANTUL, KRJOGJA.com – Sikap dan perilaku selama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan melaksanakan ujian akan mempengaruhi penilaian kelulusan pada Ujian Kejar Paket.

Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF), Tatik Windari S.Sos, MSc disela pelaksanaan Rapat Penentuan Kelulusan Program Kejar Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri, Minggu petang (2/5/2021) menuturkan item kelulusan dalam  Kejar Paket ada sikap dan perilaku. Apabila tidak memenuhi Passing Grade maka akan menjadi bahan pertimbangan untuk tidak meluluskan siswa tersebut.

Diakui Tatik, PKBM seringkali mewadahi anak-anak yang bermasalah yang seringkali tidak dapat masuk ke pendidikan formal.

“Misalnya ada perlakuan tidak sreg di sekolah formal maka larinya ke sekolah non formal. Sehingga sekolah non formal seringkali nampani anak-anak dengan masalah seperti kriminal, Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) bahkan anakwl-anak bertato, punk karena mereka tetap mendapatkan hak untuk mengakses pendidikan. Namun tantangan dari mendidik anak seperti ini beragam dan salah satunya adalah penerapan pendidikan karakter,” urainya.

BERITA REKOMENDASI