Siswa HSPG ‘Live In’ di Desa Wisata Brayut

SLEMAN, KRJOGJA.com – Home Schooling Primagama (HSPG) mengadakan kegiatan ‘Live In’ di Desa Wisata Brayut Sleman, 14-15 Februari 2020. Kegiatan ini diikuti seluruh siswa jenjang SMP sebanyak 65 siswa didampingi guru/mentor.

Ketua kegiatan sekaligus Plt Kabid Psikologi HSPG Fany Rizal SPsi mengatakan, tujuan ‘Live In’ untuk melatih kemandirian siswa serta melatih bersosialisasi dengan masyarakat. “Kalau biasanya di rumah sudah tersedia semua, di sini siswa bangun sendiri, merapikan baju sendiri dan ikut memasak bersama teman-teman,” terangnya kepada KRJOGJA.com di sela kegiatan, Sabtu (15/2/2020).

Dijelaskan Fany, selama ‘Live In’, para siswa dikenalkan dengan alat musik gamelan dan tari tradisional. Pagi hari diawali senam, aktivitas bersama induk semang bertani di sawah seperti membajak sawah, menanam padi. Jika selama ini siswa hanya melihat nasi sudah tersaji di meja makan, dalam ‘Live In’ mereka melihat langsung prosesnya mulai dari berbentuk padi hingga menjadi beras. “Saat pulang siswa akan mendapat produk kain batik dari hasil membatiknya,” katanya.

Direktur HSPG Ir Kusnanto MM menambahkan, ‘Live In’ merupakan salah satu program unggulan yang dimiliki HSPG. Kegiatan ini sangat penting bagi siswa untuk memberikan pengalaman berharga merasakan hidup di perdesaan. “Kami berharap para siswa memahami nilai-nilai kearifan lokal, disiplin, kerja sama, toleransi dan bisa menerapkan di kehidupan sehari-hari,” katanya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI