Siswa Komitmen Berperilaku Sehat

YOGYA, KRJOGJA.com – Proses pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 menjadi hambatan bagi siswa jenjang sekolah dasar (SD). Terutama dalam hal internalisasi pengetahuan terkait kesehatan. Stikes Notokusumo Yogyakarta pun berupaya turut mengambil peran guna menjembatani persoalan tersebut.

Salah satunya melalui program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan tim mahasiswa Stikes Notokusumo Yogyakarta. Melalui pelatihan dokter cilik di SDN Tegalrejo, hasilnya siswa berkomitmen untuk mampu berperilaku sehat.

“Pelatihan dokter cilik kami khususkan di SDN Tegalrejo, terutama dengan sasaran siswa kelas V dan VI. Ada 47 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 32 perempuan. Ternyata 95 persen siswa siap untuk mendisiplinkan diri dan berperilaku sehat,” tandas dosen pendamping Etik Pratiwi MKep, Kamis (6/1/2021).

Etik mengaku, pelatihan yang menjadi program pengabdian masyarakat tersebut digelar pada medium tahun 2021 saat pembelajaran daring menjadi metode utama. Dirinya turut didampingi dosen lain yakni Eva Nurlina Aprilia MKep Ns SpKep Kom memberikan pelatihan juga melalui daring.

Tujuan pelatihan dokter cilik tersebut tak lain untuk meningkatkan pengetahuan siswa terkait kesehatan yang kurang bisa diperoleh selama proses pembelajaran daring. Apalagi siswa jenjang SD kerap mengalami hambatan komunikasi saat pembelajaran daring.

BERITA REKOMENDASI