Siswa SMAN 8 Yogya Ikut Lomba Debat Bahasa Inggris

YOGYA, KRJOGJA.com – etelah menjadi juara dalam debat bahasa Inggris internasional di Parliamentary Debate Association World Congress di Osaka Jepang tahun 2017, di tahun 2018 ini Muhammad Zufar Farhan Zuhdi akan maju dalam debat bahasa Inggris di World School Debating Championship 2018 di Zagreb Kroasia Juli 2018. 

Zuhdi adalah siswa kelas XII IPS SMAN 8 Yogyakarta. "Untuk debat di Jepang, materi debat tentang ekonomi, pendidikan dan feminisme. Sedang grand final topiknya imigrasi. Apakah negara setuju kalau ada imigrasi besar-besaran," tutur Zuhdi kepada KRJOGJA.com di SMAN 8, Kamis (15/03/2018).

Sedang di Zahreb besok masih belum tahu apa yang akan menjadi materi debat. Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan Zuhdi dengan memberikannya pelatihan supaya kelak saat maju lomba di Eropa segalanya sudah siap.

Zuhdi mengaku terus terang, mengikuti lomba seperti itu, mengorbankan matapelajaran. Dirinya ketinggalan mata pelajaran. Sebagai usaha mengejar ketertinggalan Zuhdi harus menggunakan jasa bimbingan pelajaran online.

Selain Zuhdi ada tiga orang lagi temannya yang juga menjadi juara dalam kegiatan yang lain dan ada kemungkinan akan maju ke nasional. Mereka adalah Audley Thania Teshalonica Siagian kelas XI Mipa2, Retno Anjani Dian Sinta Wulandari kelas XI Mipa 6 dan Ignatius Loyola Iswaradatta Prasetio kelas XI Mipa 7. (War)

BERITA REKOMENDASI