Siswa SMP Al Azhar 26 Yogya Raih Medali Perak Kopsi Tingkat Nasional 2021

YOGYA, KRJOGJA.com – Siswa SMP Islam Al Azhar (IA) 26 Yogyakarta meraih medali perak tingkat nasional dalam ajang tahunan bergengsi Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (Kopsi) 2021, bidang IPA dan Lingkungan. Siswa tersebut adalah Muhammad Geovani Ridwan (kelas 8E) dan Muhammad Nabil Maulana (kelas 9F) dengan guru pembimbing Susi Murwani MPd. Judul penelitian yang diangkat adalah ‘Modifikasi Kaolin dengan Limbah Kertas Sebagai Adsorben Timbal dan Besi’

Koordinator Pembinaan Anak Berbakat (PAB) SMP IA 26 Yogya Fajar Arif Herjayanto mengatakan, latar belakang penelitian ini, siswa melihat banyaknya limbah kertas yang tidak termanfaatkan. Di samping itu ada limbah timbal dan besi yang mencemari lingkungan yang berbahaya bagi kesehatan. “Siswa berhasil mengolah limbah kertas untuk menyerap timbal dan besi yang ada di lingkungan, misalnya yang mencemari sumur,” terang Fajar kepada KRJOGJA.com, Rabu (22/12/2021).

Fajar menjelaskan prosesnya, yakni limbah kertas di potong-potong menjadi kecil, diaktivasi dengan NaOH, serta kaolin diaktivasi secara fisika dengan dipanaskan pada suhu tertentu. Selanjutnya kedua bahan tersebut dimodifikasi dengan perbandingan tertentu. Dengan proses modifikasi ini dapat meningkatkan daya adsorbsi kaolin terhadap logam timbal dan besi.

BERITA REKOMENDASI