SMK Musaba – UNY, Bekali Siswa Ketrampilan Khusus Cor Logam

BANTUL, KRJOGJA.com – Perkembangan teknologi menuntut Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mampu memberikan pengalaman nyata bagi siswa-siswanya. Sehingga setelah lulus lulusan bener-benar siap terjun ke dunia kerja.

Kompetensi dibidang pengecoran adalah salah satu kompetensi dasar pada proses manufaktur, mestinya dikuasai lulusan SMK. Bahkan tim peneliti Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY dipimpin Arianto Leman Soemowidagdo beruapaya mengambangkan tungku pelebur aluminium yang cocok untuk praktik pengecoran di SMK Muhammadiyah 1 Bantul (Musaba). Terciptalah tungku krusibel kompak mini, ringkas, ringan, mudah dalam penggunaan dan perawatan.

“Tungku ini menggunakan kompor gas tekanan tinggi berbahan bakar gas LPG yang mudah diperoleh ditoko-toko. Tungku ini hemat dalam konsumsi gas sehingga lebih ramah lingkungan,” ujar Arianto.

Bekerjasama dengan SMK Muhammadiyah 1 Bantul, tim dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY terdiri dari Arianto Leman, Fredy Surahmanto, Didik Nurhadiyanto, Heri Wibowo, Mujiyono, dan Sugiyono menerapkan tungku tersebut untuk mengembangkan sarana praktik pengecoran logam, khususnya aluminium. Pengembangan sarana praktik pengecoran tersebut meliputi pengembangan pola dan modul praktik serta seperangkat peralatan untuk membuat cetakan pasir dan penuangan logam cair.

Setelah melalui proses uji coba, kajian, dan validasi, pekan lalu sarana untuk praktik pengecoran tersebut diserahkan penggunaannya ke SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Diterima oleh Kepala SMK Muhammadiyah 1 Bantul, Harimawan SPd T. Uji coba penggunaanya oleh guru dan siswa dari SMK Muhammadiyah 1 Bantul dipandu tim dipimpin Arianto, dibantu tiga orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Bantul Harimawan mengatakan, Senin (7/12/2020) kontribusi Universitas Negeri Yogyakarta Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY sangat besar. Khususnya pengembangan sarana praktik pengecoran di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Tentunya sarana praktik pengecoran tersebut makin menguatkan SMK Muhammadiyah 1 Bantul dalam menghadirkan pembelajaran langsung khususnya bidang pengecoran logam.(Roy)

BERITA REKOMENDASI