SMP Joannes Bosco Ajarkan Siswa Mencintai dan Melestarikan Budaya

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – SMP Joannes Bosco Yogyakarta menggelar festival budaya yang diselenggarakan di sekolah setempat Jalan Melati Wetan Baciro Gondokusuman, Minggu (02/02/2020). Festival budaya ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-57 SMP Joannes Bosco Yogyakarta.

Kepala SMP Joannes Bosco Yogyakarta, Asterina Saptiyani SPd mengatakan festival budaya ini merupakan agenda tahunan dalam peringatan hari jadi sekolah. Gelaran ini dilaksanakan sudah tahun yang ke-5 dan selalu mendapat sambutan antusias dari orangtua maupun siswa-siswi.

"Selama ini kami memang konsen dalam hal seni dan budaya, utamanya kebudayaan khas Jawa. Ini bagian dari cara kami melestarikan dan 'nguri-uri' kebudayaan, kebetulan siswa-siswi juga banyak yang memiliki minat dalam hal tersebut," ungkap Asterina Saptiyani disela festival.

Ia mengatakan, keseriusan sekolah yang dipimpinnya dalam membina siswa-siswi bidang seni dan budaya tidak main-main. Terbukti seni budaya merupakan ekstra kulikuler unggulan di sekolah ini serta wajib diikuti para murid. Selain itu SMP Joannes Bosco juga memiliki sanggar khusus yakni geguritan, cerkak dan dalang.

Asterina Saptiyani menambahkan, dalam seni dan budaya sekolahnya juga menjalin kerjasama dengan sekolah antar yayasan di luar negeri. Pertukaran siswa maupun guru dilakukan untuk memperkenalkan dan mendalami masing-masing kebudayaan, salah satunya dengan Cabra Dominican College di Australia.

"Siswa-siswi dan guru kami ajak ke sana. Dengan begitu kami dapat memperkenalkan budaya asli Indonesia di negara lain, sebaliknya siswa-siswi maupun guru juga dapat belajar kebudayaan negara tersebut sebagai pembelajaran tentang keragaman budaya," tambahnya.

Asterina Saptiyani berharap bekal ilmu yang diberikan sekolah dapat bermanfaat dan mampu membentuk karakter siswa-siswi. Selain itu apa yang dilakukan pihak SMP Johannes Bosco dapat dicontoh sekolah-sekolah lain dalam hal pengembangan dan pelestarin seni serta budaya kepada para murid.

Sementara itu Ketua Festival Budaya sekaligus Humas SMP Joannes Bosco, Haryo Triaji SPd mengatakan dalam festival budaya ini dilombakan beberapa kategori diantaranya cerkak, gegurutan, macapat, kaligrafi aksara Jawa dan karawitan. Para peserta merupakan para pelajar tingkat sekolah dasar (SD) yang berada di DIY.

Selain festival budaya, dalam rangkaian HUT ke-57 ini juga telah dilaksanakan beberapa kegiatan yakni pertandingan futsal dan malam perayaan. Puncak peringatan akan dimeriahkan dengan pentas seni yang akan dilakanakan, Sabtu (08/02/2020) mendatang. (*)

BERITA REKOMENDASI