SMPN 3 Patebon Utamakan Karakter Para Siswa

KENDAL, KRJOGJA.com – Nilai pelajaran tinggi memang diperlukan untuk menentukan salah satu indikator utama dari prestasi siswa. Namun tidak demikian dengan SMPN 3 Patebon. Pendidikan Karakter justru lebih diutamakan untuk menciptakan siswa berprestasi. Nilai tingga sebuah mata pelajaran namun tidak dibarengan dengan karakter siswa yang naik maka akan percuma.

Kepala SMP N 3 Patebon Ahmad Jazuri Jumat (01/02/2019) mengatakan sebagai bentuk pensisikan karakter dirinya menanamkan kepada siswa dengan menyambut mereka di pintu sekolah. "Kami menyalami siswa saat mereka masuk ke halaman sekolah dan ini membuat semangat guru dan siswa bertambah dan rasa hormat siswa terhadap guru besar," ujar Jazuri.

Guru dan Kepala Sekolah datang lebih pagi juga memberikan contoh kepada mereka sehingga bisa diteladani. Kegiatan pembentukan karakter lainya adalah keimanan dan ketaqwaan yang tinggi kepada para siswa. Sholat Dzuhur berjamaah adalah salah satunya. "Setiap hari kami melaksanakan sholat dzuhur berjamaah di mushola hingga lapangan sekolah, tepat waktu sholat dzuhur siswa yang beragama islam menunaikan sholat berjamaah," lanjutnya.

Sekolah yang terletak di lini satu jalur pantura membuat sekolah ini menjadi favorit, namun saat ini terkendala zonaisasi sehingga terancam kekurangan siswa di tahun ajara mendatang. Namun pihak sekolah mengupayakan agar ada penambahan zona khusus untuk sekolah yang berada di lini satu jalur pantura. (Ung)

BERITA REKOMENDASI