SMPN 4 Pakem Piloting Sekolah PPK

SLEMAN,KRJOGJA.com – SMP Negeri 4 Pakem dipercaya menjadi sekolah piloting Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yang telah berjalan tahun kedua. Ada 5 karakter utama yang dibentuk dalam diri siswa melalui program ini yakni religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas. SMPN 4 Pakem tidak hanya fokus pada peningkatan kemampuan akademis siswa, melainkan membentuk insan berkarakter dan berintegritas melalui pendidikan.

Kepala SMP Negeri 4 Pakem, Ponidi mengatakan, belum banyak sekolah di Indonesia yang ditunjuk sebagai piloting PPK. Di DIY ada beberapa sekolah, salah satunya SMP Negeri 4 Pakem. Menurut Ponidi, seluruh warga sekolah mulai guru, karyawan dan siswa bertekad berupaya keras untuk mewujudkan SMPN 4 Pakem sebagai sekolah PPK, dengan branding sekolah  'Sekolah Berkarakter Juara, SMPN 4 Pakem Sebagai Sekolahnya Para dan Calon Juara'.

Dengan karakter yang kuat, secara otomatis baik akademik maupun non akademik akan bagus. "Hasil dari kerja keras itu, tahun ini kami meraih nilai tertinggi UN SMP untuk sekolah negeri se-Jawa dan Bali," terang Ponidi kepada KRjogja.com, Kamis (8/6/2017). Seraya memperbaiki pemberitaan KR sebelumnya, bahwa sekolah rujukan di Kabupaten Sleman yang benar adalah SMP Negeri 4 Pakem, bukan SMPN 4 Depok.

Selain itu, kata Ponidi, pasca UN SMP, siswa kelas IX tetap masuk sekolah hingga penyerahan ijazah. Para siswa tersebut dilibatkan dalam berbagai kegiatan pengembangan bakat dan pembinaan Iman dan Takwa (Imtak) setiap hari. Khusus pembinaan Imtak pukul 11.00-12.00 WIB, dengan menghadirkan pembicara dari internal (guru) maupun ustad dari luar sekolah.

Kemudian siswa dilibatkan dalam festival film tingkat. Sejumlah film berdurasi 50-60 menit telah berhasil diproduksi siswa, yang menurut Ponidi sangat layak ditayangkan di televisi. "Saat ini ada 5 karya siswa yang lolos kontes di ajang World Invention Creativity Contest (WICC) di Korea Selatan 28-29 Juli 2017 besok," katanya. Sedangkan untuk siswa kelas VIII selain kegiatan Imtak, juga dilibatkan dalam kegiatan Karya Ilmiah Siswa. (Dev)

BERITA REKOMENDASI