Tanamkan Kesabaran, Murid TK Islam Al Khoiriyah Dilatih Membatik

SEMARANG, KRJOGJA.com – Murid TK Islam Al Khoiriyah Indraprasta Semarang, Kamis (10/10/2019) belajar membatik di Kampung Batik Semarang. Mereka memdapatkan pelatihan dari mentor batik Ny Luwi dan Dodok jebolan ISI Yogyakarta. 

"Karena mereka masih kanak-kanak, mereka kami ajarkan teknik mewarnai dengan pewarna cair. Adapun motif batik corak gambar hewan supaya menarik mereka. Kami arahkan mereka menguasai teknik mewarnai agar tidak keluar batas gambar," ungkap Ny Luwi.

Sementara Dodok mengungkapkan senang bisa melatih anak-anak membatik. "Membatik tidak saja menanamkan jiwa seni, tetapi juga melatih disiplin, tekun dan sabar. Tanpa ketekunan, ketelitian dna kesabaran, mustahil akan menghasilkan karya yang rapi. Makanya sangat tepat kalau membatik menjadi media menanamkan pribadi yang sabar," ungkap Dodok.

Sementara ustadzah Nia, guru pendamping TK Al Khoiriyah mengungkapkan kegiatan belajar membatik bagi siswa-siswi didiknya merupakan salah satu upaya mengenalkan kegiatan positif. Tidak hanya belajar membatiknya, namun juga mengenalkan dan mengajarkan perilaku menghargai karya seni.(Cha) 

BERITA REKOMENDASI