Tim Robotik Al Azhar Yogya Raih 4 Medali

YOGYA, KRJOGJA.com – Siswa-siswi SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta yang tergabung dalam tim robotik berhasil meraih 2 medali perak dan 2 medali perunggu di ajang Internasional Islamic Robotic Olympiad (ISRO) 2018 di Kuala Lumpur Malaysia, 7-9 september lalu. Dalam lomba ini tim robotik Al Azhar Yogya menerjunkan 18 siswa, bersaing dengan tim dari negara tetangga seperti Singapura, Thailand dan tuan rumah Malaysia.

Medali perak perak pertama diraih siswa kelas 7 di kategori robot teater atas nama Jasmine, Kayla, Aulia ningrum, Vascho,  Muhammad Rafif dan Muhammad Rifano. Medali perak kedua diraih siswa kelas 8 di kategori robot drone racing atas nama Muhammad Haedar,   Alhadian Akbar dan Frisqy Mongilong. 

Kemudian medali perunggu pertama diraih siswa kelas 7 di kategori robot teater atas nama Muhammad Aksa,  Muhammad Ragadin, Aryaguna, Ammar M. Sedangkan medali perunggu kedua diraih siswa kelas kelas 8 di kategori robot resque atas nama Bintang Mahardika, Muhammad Haedar dan Frisqy Mongilong.

Selain meraih medali, tim robotik Al Azhar juga meraih 2 spesial award (juara harapan) atas nama Aliffio, Imam (kelas 8) dan Arya Putra (kelas 7) di kategori robot soccer. Serta spesial award kategori robot mini Rov atas nama Jasmine, Kayla dan Aulia ningrum (kelas 7).

Manajer Robotik Al Azhar Yogyakarta sekaligus guru riset, Ferry kurniawan SSi mengatakan, lomba robotik ISRO di Malaysia bisa dikatakan sebagai ajang pemanasan guna mempersiapkan lomba yang lebih bergengsi yaitu Rov Mate ASEAN di Surabaya, April 2019. "Kita terus matangkan tim untuk membidik medali emas di Surabaya. Jika itu berhasil akan melaju ke tingkat dunia yaitu Genius Olympiad USA," kata Ferry kepada KRJOGJA.com di Kampus Pusat Al Azhar Yogyakarta, Senin (1/10/2018).

Menurut Ferry, Juni lalu, tim robotik Al Azhar Yogya berlaga di Genius Genius Olympiad USA dan berhasil membawa pulang medali perunggu atas nama Farrel Ahmad Fauzan, Daffa Syah Handi dan Muhammad Gheza. "Tahun depan kita targetkan emas di Amerika," katanya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI