Tingkatkan Kerjasama Yogyakarta-Kaohsiung

YOGYA, KRJOGJA.com – Empat puluh delegasi dari dinas pendidikan, kepala sekolah SD, SMP serta SMK dan sekertaris daerah Kota Kaohsiung, Taiwan berkunjung ke SMP Negeri 5 Yogyakarta guna mempererat kerjasama dengan sekolah di kota pelajar ini. 

Rencananya, mereka bakal membentuk 'sister school' dan memberikan kesempatan bagi para siswa untuk membangun relasi yang baik. Kegiatan yang turut dihadiri oleh wali murid dan komite itu dibuka dengan mengenalkan karakteristik kota dan pendidikan Kota Kaohsiung dan Yogya. Kota Kaohsiung merupakan wilayah di Taiwan Selatan yang kerap dijuluki sebagai kota pelabuhan dan merupakan kota industri terbesar di Taiwan. Meski merupakan kota industri, pemerintah Kota Kaohsiung tidak melupakan pembangunan ruang publik, pelestarian situs sejarah dan perkembangan wilayah perkotaan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas SMP Negeri 5 Yogyakarta, MAS Anggororini SPd MHum mengatakan kunjungan delegasi tersebut mampu memberikan pilihan destinasi belajar baru bagi para siswa yang sedang menempuh studi di sekolah kawasan Jalan Wardhani itu, setelah Eropa, Australia dan Jepang. "Adanya perkenalan seperti ini, meski singkat, tetapi lancar dan memberikan peluang untuk siswa yang ingin belajar ke kota itu," paparnya selepas kunjungan, Selasa (19/09/2017). 

Menurutnya, dengan jalinan kerjasama yang baik antara kedua kota, siswa dapat mempelajari bahasa, budaya dan riset terkait industri rumah tangga, terutama barang elektronik. "Nanti pasti kita 'follow-up' karena ini kesempatan yang baik untuk membuka wawasan siswa," imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogya, Edy Heri Suasana menjelaskan kepada delegasi bahwa Kota Yogya dijuluki kota pendidikan. Dengan begitu, tidak heran jika banyak instansi pendidikan merujuk Kota Yogyakarta jika berkaitan dengan pendidikan.

Pada kesempatan tersebut, salah satu wali murid yang juga Walikota Yogyakarta, Drs H Haryadi Suyuti mengapresiasi kehadiran para delegasi ke Yogyakarta. Ia berharap kunjungan ke Indonesia mampu memberikan pengalaman yang baik dan kerjasama Yogyakarta dan Kota Kaohsiung semakin lancar. (M-1)

BERITA REKOMENDASI