TK Al Azhar Yogya Juara Lomba Sekolah Sehat Nasional

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – TK Al Azhar 31 Yogyakarta menjuarai Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional 2016, kategori Sekolah dengan Pencapaian Terbaik (Best Achievement). Penghargaan diserahkan direktur jenderal dari empat kementerian (Kemdikbud, Kemenag, Kemendagri dan Kemenkes) kepada Kelapa Sekolah TK Al Azhar 31 Yogya Ketut Alawiyah SAg dalam malam penganugerahan di Hotel Grand Sahid Jakarta, Kamis (18/8/2016) lalu.

Ketut mengatakan, penilaian kategori pencapaian terbaik lebih menitik beratkan pada proses pembudayaan hidup sehat para siswa saat di sekolah, disamping kondisi sekolah. Sebelum diumumkan, dewan juri melakukan verifikasi langsung ke sekolah. “Jadi bukan semata-mata kondisi fisik sekolah yang bersih, tapi bagaimana proses siswa sampai terbiasa hidup sehat,” terang Ketut kepada KRjogja.com saat ditemui di sekolah tersebut, Jalan Ringroad Utara, Sinduadi Mlati Sleman, Senin (22/8/2016).

Menurut Ketut, salah satu program unggulan yang dimiliki TK Al Azhar 31 adalah ‘Lisa’ atau lihat sampah langsung ambil. Program ini membiasakan para siswa memungut sampah yang berserakan untuk dimasukkan ke tempat sampah. Melalui program ini diharapkan budaya hidup bersih tertanam dalam diri anak sejak dini, dan terbawa hingga dewasa.

Selain itu ada program bernama ‘Operasi Semut’ untuk membiasakan siswa bergotong-royong membersihkan lingkungannya.”Kami sengaja memberi nama berupa simbol-simbol agar mudah diingat siswa,” katanya. Tak kalah penting program Unit Kesehatan Sekolah yang melakukan pemeriksaan kesehatan siswa secara berkala.

Dengan predikat sebagai juara, TK Al Azhar 31 akan menjadi sekolah percontohan. Kedepan pihakya akan mewujudkan TK Al Azhar 31 sebagai sekolah Adiwiyata yang lebih sehat, bersih dan berwawasan lingkungan. (R-2)

 

BERITA REKOMENDASI