Sertifikasi dan 217 Wisuda Tahfidz Al-Qur’an Sekolah/Madrasah Muhammadiyah se-Kota Yogya

Dalam kegiatan wisuda tahfidz akbar ini, para peserta yang terpilih untuk diwisuda telah melewati kualifikasi dan standarisasi. Ada tiga proses dan tahap pelaksanaannya, pertama persiapan. Setiap sekolah menunjuk tim tahfidz di tingkat sekolah masing-masing untuk mensosialisasi, menyeleksi, dan memverifikasi para siswa/siswi yang hafidz.

Tahap kedua, tim tahfidz tingkat sekolah melakukan verifikasi kebenaran dan kualitas hafalan siswa untuk kemudian ditentukan dan diajukan nama-nama siswa ke tim tahfidz PDM. Tahap ketiga, tim tahfidz PDM akan memverifikasi hafalan siswa dan menilainya.

Pelaksanaan acara wisuda ini dilaksanakan secara offline dan online. Jumlah keseluruhan peserta wisuda tahfidz baik yang offline/online kurang lebih 217siswa/siswi. Mengikuti wisuda secara offline para siswa-siswi yang telah lulus verifikasi dari tim tahfidz PDM, berjumlah 64 orang siswa/siswi yang memiliki hafalan minimal 2 Juz atau lebih, dan mereka berhak mendapatkan sertifikat/syahadah sekaligus diwisuda.

“Sedangkan 153 siswa/siswi lainnya yang mengikuti wisuda secara online, yang memiliki hafalan 1 Juz hanya mendapatkan sertifikat/syahadah,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, diberikan tausyiah oleh Dr Okrizal Eka Putra Lc MAg. Menyampaikan materi pentingnya internalisasi nilai-nilai Qur’an kepada siswa/siswi khususnya sekolah Muhammadiyah dan kemudian di implementasikan di dalam kehidupan sehari-hari untuk membentengi diri, keluarga, dan masyarakat di era distrupsi yang penuh tantangan.

Sigit Haryo Yudanto SPsi selaku Wakil PDM Kota Yogya yang membidangi LP2M menambahkan, program tahfid ini berkelanjutan dari jenjang SD bisa hafal 3 juz, SMP 1 juz, SMA 1 juz sehingga lulus 5 juz meneruskan ke perguruan tinggi dengan beasiswa Tahfid Quran. (Jay)

BERITA REKOMENDASI