‘SiK3RS’ Aplikasi Pertama di Indonesia Tentang K3 Rumah Sakit Mewujudkan Zero Accident

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta memberikan hibah pengabdian kepada masyarakat berbasis pemanfaatan teknologi tepat guna kepada tim Sekolah Vokasi UGM berupa dana untuk pembuatan aplikasi berbasis android dengan nama SiK3RS (Sistem Informasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit). Aplikasi K3 Rumah Sakit sampai saat ini belum ada baik di aplikasi playstore maupun App store, sehingga bisa dikatakan aplikasi ini merupakan pioneer yang bisa digunakan dalam pelaksanaan K3 di Rumah Sakit.

Rumah Sakit termasuk ke dalam kriteria tempat kerja yang memiliki risiko terhadap kecelakaan kerja dan paparan penyakit akibat kerja, penyakit tidak menular maupun penyakit menular yang dapat menimbulkan dampak kesehatan bagi pekerja, pasien maupun pengunjung Rumah Sakit termasuk risiko infeksi virus Covid-19. Rumah Sakit memiliki tanggung jawab ganda karena wajib menjaga keselamatan pasien (patient safety) serta keselamatan dan kesehatan kerja bagi petugas maupun pengunjung Rumah Sakit.

Salah satu upaya mewujukan zero accident adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi global dalam meningkatkan efektivitas pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja salah satunya memanfaatkan android. Pada era digital dimana hampir semua aspek kehidupan sekarang sepertinya tak luput dari sentuhan aplikasi digital di mana dan kapan saja sehingga dapat diterapkan dalam keselamatan dan kesehatan kerja.

Ketua tim pengabdian masyarakat UGM, Dian Herawati, S.T., SST, MPH juga menjelaskan bahwa kemudahan yang ditawarkan oleh penerapan digitalisasi melalui android yang kini sudah menjadi kebutuhan pokok, kemudian ditunjang pula oleh ketersedian berbagai aplikasi dan fiturnya, digitalisasi membuka peluang untuk diterapkannya di semua lini kehidupan termasuk dalam pelaksanaan K3 Rumah Sakit.

Inovasi yang ditawarkan dalam aplikasi ini diharapkan dapat menjawab permasalahan tentang sistem K3 Rumah Sakit yang selama ini dijalankan secara manual sehingga masih menimbulkan permasalahan seperti keterlambatan pelaporan, data insiden tidak up to date, dan penyajian informasi kurang mendukung dalam pengambilan keputusan. “Aplikasi ini menawarkan fitur pengambilan gambar real time untuk insiden terkait K3 dan fitur lain dalam menu seperti regulasi, safety briefing, laporan insiden, inspeksi APAR, laporan PCRA, dan safety campaign,” kata Dian Herawati.

Sementara itu tanggapan dari dr Masykur sebagai manajer pelayanan medis sekaligus ketua tim K3 RS PKU Muhammadiyah Gamping mengatakan, “Jadi kami bersyukur dan berterimakasih aplikasi SiK3RS ini sangat membantu dalam pelaksanaan K3 di RS kami karena saat ini kendala yang kami hadapi dalam dokumentasi manual yang menyebabkan keterlambatan laporan dan file masih terpisah-pisah.”

Saat ini program yang dilaksanakan tengah memasuki tahapan pelatihan dan pendampingan mitra dengan implementasi aplikasi SiK3RS yang sudah di build up dalam bentuk APK sehingga aplikasi dapat diakses oleh user yaitu petugas teknis, supervisor K3 pada masing-masing instalasi RS, dan ketua tim K3 di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping. Pihak user sebagai mitra pengabdian TTG dari awal proses pembuatan aplikasi dilibatkan dalam desain menu aplikasi, user interface, output sistem, alur penggunaan aplikasi, dan siapa saja yang bisa mengakses aplikasi.

Rencana selanjutnya aplikasi ini akan didaftarkan untuk memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) atas produk luaran program pengabdian TTG ini sebagai bentuk karya sistem informasi yang digunakan dalam pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja di Rumah Sakit sekaligus untuk menunjukkan identitas Sekolah Vokasi UGM yang bercirikan menghasilkan produk terapan.

Menurut ketua tim TTG UGM, “Aplikasi ini ke depan akan kami patenkan sebagai bagian dari upaya menghargai sebuah karya dan harapannya akan bermanfaat dan dapat dikembangkan lebih lanjut.”

Demikian pula respon positif ditunjukkan oleh mitra dari RS PKU Muhammadiyah Gamping, “Kami akan lebih mantap juga jika aplikasi ini akan dipatenkan dan tentunya akan menunjang dalam kegiatan akreditasi RS juga, wah kami tentu saja sangat mendukung dan berterimakasih.”

Pada sesi akhir program pengabdian kepada masyarakat TTG UGM di tahun 2021, dilakukan penyerahan hasil berupa aplikasi SiK3RS berbasis android secara simbolis kepada mitra RS PKU Muhammadiyah Gamping dengan penandatangan Berita Acara oleh ketua Tim pengabdian TTG UGM dan ketua Tim K3 RS sebagai perwakilan RS PKU Muhammadiyah Gamping. Harapannya program ini akan berlanjut di tahun berikutnya dalam mendukung pelaksanaan K3 di rumah sakit dalam mewujudkan zero accident dan mendukung akreditasi rumah sakit. (*)

BERITA REKOMENDASI