SMP Negeri 2 Gamping Bersama Tim Kampus Mengajar #2 Gelar Workshop Aplikasi AKM dan Assessmenpedia

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tim Kampus Mengajar Angkatan 2 dan SMP Negeri 2 Gamping mengadakan workshop mengenai penggunaan Aplikasi Asesmen Kompetensi Minimum yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gamping, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. Kegiatan diadakan pada hari Sabtu (4/12/2021) dan Rabu (8/12/2021), diikuti oleh seluruh guru di SMP Negeri 2 Gamping.

Workshop Aplikasi Asesmen Kompetensi Minimum dan Aplikasi Asesmenpedia ini diadakan sebagai tindak lanjut dari sosialisasi PISA (Programme for International Student Assessment) oleh Kemendikbud RI (Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia) serta untuk menyongsong PISA 2022. Pada PISA yang akan diadakan pada 2022 mendatang, SMP Negeri 2 Gamping merupakan salah satu sekolah yang akan ikut serta sebagai sekolah sampel. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya Workshop Aplikasi Asesmen Kompetensi Minimum dan Aplikasi Asesmenpedia ini guru-guru akan lebih siap untuk menyongsong PISA 2022.

“Diharapkan dengan adanya workshop ini seluruh guru mengetahui dan bisa (mengoperasikan aplikasi AKM) sebagai persiapan kita untuk menghadapi studi PISA 2022,” jelas Rismanto, S.Pd. M.Or, selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Gamping.

Tim Kampus Mengajar angkatan 2 yang terlibat sebagai pelaksanaan Workshop Aplikasi Asesmen Kompetensi Minimum dan Aplikasi Asesmenpedia ini terdiri dari 8 mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas. Tim yang diketuai oleh Yuwono Nur Utama (22) yang merupakan mahasiswa di Institut Seni Indonesia Yogyakarta tersebut beranggotakan Jiddiyah Nur Izzati (20) dan Intan Pratidina Purnamasari (20) mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta, Aflah Nuraini Salsabila (21) mahasiswi Universitas Gadjah Mada, Khusnul Putriyani (21) dan Dini Eka Wijayanti (21) mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan, Fathia Azzahra (21) mahasiswi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, serta Andini Yulinda Eka Putri (20) mahasiswi Universitas Janabadra.

Workshop dilaksanakan selama 2 hari. Materi yang dipaparkan mengenai pembuatan tes, pembuatan soal, serta penilaian menggunakan aplikasi AKM serta pengenalan asesmenpedia. Pada tanggal 4 Desember 2021 dilaksanakan workshop pembuatan tes menggunakan Aplikasi Asesmen Kompetensi Minimum. Kemudian, pada tanggal 8 Desember 2021 dilaksanakan workshop lanjutan dengan materi penilaian dan pembuatan soal menggunakan Aplikasi Asesmen Kompetensi Minimum serta pengenalan mengenai webbase application asesmenpedia.

BERITA REKOMENDASI