Sosialisasi Pengelolaan, Berikan Informasi Manfaat Sampah di Gunungsaren Lor

BANTUL, KRJOGJA.com – Dewasa ini banyak, kejadian-kejadian yang membuat kita sebagai masyarakat terutama warga tentunya salah dalam memilah sampah serta belum paham mengenai pengelolaannya. Berdasar hal tersebut, pihak Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menimbang penting adanya sosisalisasi pengelolaan sampah dan memberi informasi manfaat sampah di Padukuhan Gunungsaren Lor, Desa Trimurti, Srandakan, Bantul. Pengelolaan sampah yang sering kita dengar sebagai pengumpulan, pemrosesan, dan daur ulang ini dapat mengurangi dampak negatif sebagai paradigma masyarakat, bahkan menjadikan sampah sebagai salah satu sebuah penghasilan masyarakat.

Sebagai masyarakat yang akan melanjutkan generasi maju, haruslah mengetahui manfaat dari sampah. Sampah organik dapat dijadikan bahan daur ulang sebagai pupuk tanaman, buah, dan lainnya. Sampah anorganik dapat dijadikan bahan daur ulang sebagai kerajinan, dan lainnya. Sedangkan residu, merupakan sampah yang sudah tidak dapat di daur ulang kembali dan harus dibuang langsung ke TPA (Tempat Pengelolaan Sampah).

Penyuluhan ini dilakukan dengan memberikan materi oleh narasumber yaitu Meitia Dwi Selfiani dari BUMDes Trimurti, yang menyampaikan mengenai pembagian sampah yaitu Pengelolaan sampah organik, yang merupakan sampah yang dapat didaur ulang dan Pengelolaan Sampah anorganik yang tidak dapat didaur ulang.

BERITA REKOMENDASI