Teknologi Berperan Penting Tingkatkan Kualitas Pendidikan

YOGYA (KR)- Teknologi mempunyai peran penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Teknologi memberi kesempatan bagi universitas dan sekolah untuk mengelola operasional, meningkatkan kualitas penyelenggaraan jasa pendidikan dan membangun komunikasi antara mahasiswa, staf dan keluarga. Demikian dikatakan Joe Egan selaku EVP Nelnet International saat wawancara daring dengan wartawan, Rabu (31/3).

Namun, kata Joe, cara penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan saat ini telah berubah, karena didorong oleh teknologi, inovasi dan ekonomi digital. Universitas perlu menyesuaikan pola pengelolaannya dan perlu memberi jasa pendidikan yang menyesuaikan dengan harapan siswa dan perekonomian. “Teknologi akan membantu universitas untuk lebih menyiapkan mahasiswa menghadapi ekonomi baru,” ujarnya. Turut dalam wawancara daring tersebut George Iwan Marantika (Presiden Nasional IABC dan Ketua Komite Bilateral Australia Kadin Indonesia).

Joe menilai, Pemerintah Indonesia telah berhasil melakukan perkembangan yang sangat baik dengan menyambut Era Revolusi Industri 4.0. Tidak saja meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia tapi, juga membangun perekonomian nasional. Tapi, meskipun pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 196 juta penduduk, namun masih terjadi disparitas jaringan antara penduduk perkotaan dan penduduk pedesaan.

BERITA REKOMENDASI