Teknologi Tak Dapat Gantikan Peran Guru Dalam Mendidik

PERAN guru tidak bisa digantikan teknologi dalam mendidik siswa. Hal itu mencuat ketika sejumlah praktisi pendidikan seperti seperti Louis Goh, Allana Abdullah, dan Muhammad Nabil Satria hingga Budiman Sudjatmiko bertemu dalam satu sesi acara daring, EdHeroes Forum Asia: Indonesia Chapter, Sabtu (16/10/2021).

Menurut Muhammad Nabil Satria sebagai Co-founder LatihID, teknologi hanya sebagai sarana untuk membantu guru.

“Teknologi bisa digunakan untuk membantu proses belajar, tetapi tidak bisa menggantikan peran guru,” ujarnya, dalam siaran pers, Minggu (17/10/2021).

Ia tidak menampik, teknologi menjadi alat penting yang membantu siswa dan pendidik untuk mengakses pendidikan. Namun, tidak dipungkiri mesin kurang memiliki kreativitas dan emosi yang memegang peran penting dalam memenuhi pendidikan yang layak.

Sementara Founder and CEO Global Moonshots in Education Esther “WOJ” Wojcicki menilai cara pandang guru di era digital ini perlu diubah. Guru harus bergerak mengikuti anak-anak dan mendampingi mereka.

“Tidak perlu menjadi super pintar, yang diperlukan hanya guru memotivasi murid, motivasi jadi kunci dalam belajar apapun,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI