Tim KKN UMY Dampingi Bumdes Sarwo Miguna Pasarkan Jamu

MAGELANG, KRJOGJA.com – Tim 055 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pendampingan pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Jamu Sarwo Miguno di Dusun Growong, Desa Growong, Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, melalui pemanfaatan media promosi online. Kegiatan ini berlangsung Juli – Agustus 2020.

Tim KKN UMY mendampingi Bumdes Sarwo Miguno salah satu alasannya karena selama pandemi covid-19, pemasaran jamu yang diproduksi menurun drastis. Tim KKN mengenalkan dan memberi pelatihan digital marketing untuk meningkatkan kembali omset penjualan jamu.

“Bumdes ini sudah berjalan sejak tahun 2017 dan menunjukan hasil yang baik sebelum terjadi pandemi Covid-19. Tujuan KKN ini adalah untuk membatu pemasaran jamu Bumdes Sarwo Miguno,” kata Fauzi Noor Rachman, Ketua KKN 055 UMY, Kamis (6/8/2020).

Bumdes Sarwo Miguno dikelola Pemerintah Desa Growong yang berkerja sama dengan Kelompok Tani serta Kelompok Wanita Tani (KWT) Sidodadi. Jumlah anggotanya kurang lebih 20-30 orang.

Bumdes Sarwo Miguno memanfaatkan lahan Perhutani seluas 20 hektar dan lahan individu milik kelompok tani untuk menanam berbagai tanaman obat sebagai bahan baku. Bahan baku tanaman obat hasil panen kelompok tani dibeli oleh Bumdes Sarwo Miguno sebagai bahan pembuatan produk jamu.

Menurut Fauzi, Bumdes mampu menghasilkan atau memproduksi beberapa macam produk jamu seperti jamu instan, jamu minum, jamu seduh, masker herbal, lulur dan simplisia tanaman obat. “Permasalahan utama pada Bumdes Sarwo Miguno adalah pemasaran terbatas hanya pada permintaan produk secara langsung. Selama pandemi Covid-19, bahkan Bumdes Sarwo  berhenti memproduksi jamu selama dua bulan dan hanya memproduksi ketika ada kegiatan di Tempuran,” ujarnya.

Menurut Fauzi target dari Tim KKN UMY adalah bagaimana Bumdes Sarwo Miguno dapat menggunakan digital marketing untuk memasarkan produknya. KKN ini didampingi oleh Adhianty Nurjanah, sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL),” kata Fauzi. Delapan mahasiswa terlibat dalam kegiatan KKN, berasal dari berbagai fakultas dan program studi yang ada di UMY. (*)

BERITA REKOMENDASI