Tim PKM UMY Pelopori Pembangunan Masjid di Jrakah

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memelopori pembangunan masjid di Jrakah, Hargosari, Tanjungsari, Gunungkidul Yogyakarta. Dengan adanya masjid di pedukuhan tersebut, maka masyarakat tidak perlu terlalu jauh ketika akan ke masjid.

Ketua PKM Yayat Hidayat yang juga Dosen Pendikan Bahasa Arab Fakultas Pendidikan Bahasa UMY mengatakan, program pengabdian ini selain karena lokasi masjid yang sudah ada jauh rencananaya pembangunan masjid di tanah wakaf ini juga akan dibangun pesantren. “Setelah melakukan koordinasi dengan tokoh-tokoh dan masyarakat Jrakah, pembangunan masjid menggunakan sumber dana dari masyarakat, donatur serta relasi tim PKM UMY,” kata Yayat Hidayat dalam keterangan tertulis kepada KRjogja.com.

Selain berdirinya masjid, tim PKM UMY juga berusaha mengadakan kerjasama dengan Pondok Pesantren untuk menghadirkan pengajar yang mumpuni.

Masyarakat sangat antusias dengan berdirinya masjid yang diinisiasi pembangunannya oleh Tim Pengabdian dari UMY. Masyarakat Jrakah merasa lebih nyaman dengan dekatnya lokasi masjid yang mudah dijangkau dengan berjalan kaki. Proses pengajian yang rutin mendatangkan ustad dan ustadzah dari luar semakin menambah kegembiraan dalam menjalankan aktivitas ibadah kesehariannya. (*)

BERITA REKOMENDASI