Tim PPM UAD Latih dan Launching Posbindu-PTM Amrih Sehat

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta bekerja sama dengan Puskesmas Kalasan, Ranting Aisyiah Purwomartani dan Padukuhan Bayen, melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat di Dukuh Bayen, Sabtu (16/10/2021). Tim PPM UAD memberikan penyuluhan dan pelatihan Manajemen Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu-PTM) sebagai optimalisasi surveilans berbasis masyarakat melalui kader kesehatan.

Penyuluhan dan Pelatihan Manajemen Posbindu diberikan kepada Kader Kesehatan Ranting Aisyiah Purwomartani dan Kader Kesehatan Posbindu di Padukuhan Bayen. Program yang diusung oleh Rokhmayanti, SKM., MPH., Siti Kurnia Widi Hastuti, SKM., MPH., dan Fardhiasih Dwi Astuti, SKM., M.Sc., harapannya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan pencegahan PTM yang pada masa Pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) ini menjadi salah satu penyakit yang dapat memperberat kondisi pasien COVID-19.

Rokhmayanti menuturkan, kegiatan Posbindu sangat bermanfaat untuk deteksi dini PTM sehingga kader kesehatan harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam mengelola Posbindu. Pemberian edukasi kepada Kader Kesehatan Posbindu terkait Manajemen Posbindu-PTM diantaranya memuat penjelasan tentang tugas dan fungsi Posbindu. Kemudian tahapan pelaksanaan Posbindu (5-meja) saat pandemi.

“Sekaligus melakukan praktik pemeriksaan tekanan darah, pengukuran berat badan, tinggi badan, Indeks Masa Tubuh (IMT), pengukuran lingkar perut, dan praktik pemeriksaan darah (gula darah, kolesterol, dan asam urat) menggunakan test strip,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fardhiasih menyampaikan, saat ini permasalahan PTM tidak hanya menyerang lansia, tetapi juga usia produktif yang tentunya akan berdampak pada produktivitas seseorang.

“Kader kesehatan sebagai perpanjangan tangan dari puskesmas diharapkan dapat mengambil peran dalam megedukasi cara pencegahan dan mendeteksi secara dini PTM di masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Siti Kurnia Widi mengharapkan, kegiatan pengabdian ini dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan keberadaan Posbindu dan meningkatkan peran Kader Kesehatan Dukuh Bayen dan Kader Kesehatan Ranting Aisyiah Purwomartani agar dapat melaksanakan program tersebut secara rutin dan berkesinambungan.

Pada akhir kegiatan, dilakukan Launching Posbindu-PTM “AMRIH SEHAT” dan pemberian seperangkat alat pemeriksaan tekanan darah, antropometri, lingkar perut, dan alat pemeriksaan darah oleh Tim PPM UAD kepada Dukuh Bayen. “Sebagai bekal Kader Posbindu dalam menjalankan tugasnya,” imbuhnya. (*)

BERITA REKOMENDASI