Topang Ekonomi Keluarga, PKM UMY Dampingi Diversifikasi Produk Tahu Bakso

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendampingi diversifikasi produk tahu bakso.

Peran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam menopang perekonomian bangsa sudah tidak diragukan lagi. UKM menduduki peran yang sangat strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, UKM juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan.

Dalam krisis ekonomi yang disebabkan pandemi covid 19 sekarang ini, dimana banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan berhenti aktifitasnya, sektor UKM terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis tersebut. Mengingat pengalaman yang telah dihadapi oleh Indonesia selama krisis, kiranya tidak berlebihan apabila UKM menjadi katub pengaman dalam perekonomian bangsa. Demikian juga usaha tahu bakso ‘Aremania’ yang berlokasi di Desa Banyuroto, Nanggulan, Kulonprogo tidak lepas dari usaha menghadapi krisis yang disebabkan pandemi sekarang ini.

Untuk mengatasi permasalahan itu, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Dr. Muchamad Zaenuri, M.Si. dosen Fisipol dan Dr. Sri Handari dari Fakultas Ekonomi yang berbentuk pendampingan. Program kerja yang dilakukan antara lain berupa pemasaran berbasis degital marketing dan bantuan peralatan yang bermanfaat untuk menghadapi pandemi. Pada kesempatan wawancara Drajad Kaerudin yang didampingi Erni Siwi Karyanti sebagai pemilik usaha menyatakan kepuasannya, hal ini dikarenakan program yang dilakukan sangat aplikatif dan membantu usaha tahu bakso “Aremania” untuk melakukan diversifikasi produk. (*)

BERITA REKOMENDASI