UKDW Adakan Seminar Hasil Penelitian Kebijakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah bagian yang harus diintegrasikan dalam Tri Darma Perguruan Tinggi yakni aspek pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Karena itu, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta terus melakukan penelitian yang mengangkat tema MBKM maupun penelitian tematik yang dapat diturunkan menjadi program pengabdian kepada masyarakat.

Di penghujung tahun ini, UKDW Yogyakarta menggelar seminar hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada hari Senin, 27 Desember 2021 untuk membagikan perkembangan dan temuan yang telah didapatkan oleh masing-masing tim, baik tim peneliti maupun tim pengabdian kepada masyarakat.

Dr. Imelda Irmawati Damanik, S.T., M.A(UD) selaku koordinator acara seminar menuturkan pertemuan yang diadakan dengan segenap sivitas akademika UKDW ini bertujuan memberikan informasi terkait capaianatau hasil dari penelitian dan pengabdian masyrakat yang beberapa waktu lalu mendapatkan bantuan pendanaan pada Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat

Berbasis Hasil Penelitian Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2021 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Seluruh tim memaparkan hasil program secara luring dan daring. Melalui seminar ini, peserta bisa memperoleh masukan untuk penyempurnaan penelitian dan pengabdian masyarakat yang mungkin dapat diterapkan dalam penelitian dan pengabdian masyarakat dimasa yang akan datang. Seminar ini diharapkan

dapat memotivasi peneliti maupun peserta seminar untuk meningkatkan kualiatas dan kuantitas hibah penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai bentuk pengembangan dosen dalam melaksankan tri dharma perguruan tinggi,” ungkapnya.

Seminar ini diadakan untuk meninjau ulang kegiatan penelitian yang mengangkat kebijakan MBKM dan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian yang telah dilakukan oleh UKDW. Program seminar dipilih untuk menjadi sarana berbagi dan belajar mengenai proses penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Adapun tema yang disampaikan pada seminar ini adalah Penelitian Kebijakan MBKM dengan judul “Dampak Pelaksanaan BKP MBKM terhadap Ketercapaian Indikator Kinerja Utama di Universitas Kristen Duta Wacana”serta Pengabdian kepada Masyarakat berbasis Penelitian dengan judul pertama “Desain dan Pemodelan Purwarupa Inclusive Emergency Medical Center untuk Para Korban di Lokasi Bencana”.

Judul kedua “Implementasi Branding Kampung Wisata Kota Yogyakarta sebagai Daya Tarik Wisata Sepeda”. Judul ketiga Budidaya dan Pengelolaan Bayam Brazil sebagai Pilihan Alternatif Sayuran untuk Peningkatan Kesejahteraan dan Pelestarian Lingkungan Masyarakat Urban Yogyakarta.

Pada akhir kegiatan, paparan dinilai oleh reviewer untuk memilih program yang terbaik. Seluruh tim peneliti dan pengabdian kepada masyarakat akan mengikuti seminar nasional yang diselenggrakan oleh Dikti, bersama seluruh penerima program Hibah Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis Penelitian PTS 2021. (*)

 

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI