UMY Bantu Digitalisasi Materi Manasik Haji KBIHU Aisyiyah Bantul

BANTUL, KRJOGJA.com – Digitalisasi materi manasik haji KBIHU Aisyiyah Bantul dilaksanakan UMY di Gedung Dakwah Muhammadiyah Bantul pada 10 April 2021. Peserta kegiatan ini adalah pembimbing haji dan umroh KBIHU Aisyiyah Bantul.

Pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan para pembimbing haji dalam membuat materi bimbingan haji dan umroh secara online.

Anggota tim pengabdian yang terdiri dari Nurul Aisyah, Marsudi Iman dan Yusuf A Hasan menyampaikan materi-materi: Pembuatan desain materi bimbingan haji, perekaman materi bimbingan dengan aplikasi FastStone dan Screencast-O-Matic dan proses pengunggahan video bimbingan ke Youtube serta mengirim linknya ke grup WhatsApp jamaah haji.

Pada tahap berikutnya tim pengabdian masyarakat melakukan pendampingan pembuatan dan pengunggahan materi bimbingan online. Masing-masing dari peserta mendapat tugas untuk membuat video bimbingan dengan tema tertentu serta mengunggahnya di chanel Youtube KBIHU Aisyiyah Bantul. Tim pengabdi juga membuat panduan akses video bimbingan haji di Youtube dan mensosialisasikannya ke jamaah Haji.

“Terimakasih atas kepedulian dosen-dosen PAI UMY. Pengabdian masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan pembuatan materi manasik online ini sangat bermanfaat bagi para pembimbing haji dan umroh KBIHU Aisyiyah Bantul,” ujar sekretaris KBIHU Aisyiyah Bantul Mohammad Murod.(*)

BERITA REKOMENDASI