UMY Beri Materi Literasi Media untuk Keluarga Muda di Wonokromo

BANTUL, KRJOGJA.comKampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui divisi Pengabdian Masyarakat LP3M UMY melakukan penyuluhan literasi media, Minggu (22/7/2020) untuk masyarakat Wonokromo. Kegiatan ini mengangkat problematika keluarga muda dan solusinya untuk mengatasi kecanduan gadget, kecanduan sinetron televisi, bijak bermedia sosial dan internet, melek media baru dan mengurangi kecanduan game on line pada anak.

Ketua Tim pengabdian Masyarakat UMY, Ayu Amalia SSos MSi mengatakan kegiatan tersebut karena hadirnya teknologi media baru di tengah masyarakat luas membawa perubahan yang signifikan dalam gaya berkomunikasi. Hal ini juga dirasakan, tidak hanya menyentuh masyarakat di perkotaan tetapi juga sampai di daerah pedesaan.

Dampak hadirnya berbagai media komunikasi juga dirasakan oleh keluarga muda di pedesaan. Hal ini dirasakan juga di kelurahan Desa Wonokromo, Pleret, Bantul. Banyak temuan: Bapak-bapak muda asik dengan bermedia sosial, facebook, WA dan akses internet untuk berkomunikasi. Ibu-ibu muda kecanduan nonton sinetron di televisi, doyan akses internet dan asik bermedsos. Anak-anak  jarang keluar rumah, asik di kamar dengan bermedsos maupun nge game online.

“Program pengabdian masyarakat dirancang untuk memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat, di tengah keluarga muda wilayah pedesaan Wonokromo,” kata Ayu Amalia. Kegiatan berlangsung di serambi Masjid Taqwa Wonokromo mulai pukul  8.30 sampai 12.00 WIB.

Kegiatan dibatasi sekitar 40 peserta, mewakili pasangan keluarga di sekitar Desa Wonokromo seperti Jejeran, Pandes, Brajan, Ketonggo, Wonokromo 1 dan 2, Jati, Sareyan, Bedukan Pleret dsb. dan Bersama paguyuban wali Murid (representasi keluarga muda) serta perwakilan sekolah SMPN 1 Plered sebagai bagian dari anak-anak keluarga muda bersekolah. Tentunya acara dilakukan  dengan protokol Kesehatan dimasa pandemic covid 19.

Penyuluhan Literasi Media ini mengundang pembicara ahli-ahli komunikasi media dari Prodi Ilmu Komunikasi UMY, yaitu : Zuhdan  Aziz SIP SSn MSn, Taufiqurrahman SIP MA PhD, dan Dr Suciati SSos Msi. Masing-masing dengan perspektif yang khas, yakni Pak Zuhdan dengan perspektif  Literasi media sinetron dan film, Pak Taufiq dengan perspektif Literasi Media Sosial dan Internet, sedangkan bu Suci dengan perspektif psikologi komunikasi dalam mengurangi kecanduan gadget pada orang tua dan game online pada anak.

“Tujuan utama dari penyuluhan media ini adalah untuk membentuk keluarga muda tangguh yang melek media dengan bisa bijak mengatur dan mengendalikan media,” kata Amalia. Saat pelaksanaan acara, peserta  cukup antusias, karena tema yang diangkat nyambung dengan problematika yang dihadapi di era kekinian.

Bapak-bapak dan ibu-ibu yang merupakan pasangan keluarga muda tampak menyimak dengan seksama. Saat sessi tanya jawab juga dimanfaatkan dengan baik. Banyak pertanyaan terkait problem-problem yang mereka hadapi.

Terkuak, banyak sekali problem yang muncul terkait penggunaan media tv, internet, media sosial, Game online, Hp/Smartphone dalam kehidupan keluarga mereka. Di akhir penyuluhan, peserta merasa mendapatkan banyak manfaat, karena problematika dari permasalahan-permasalahan mereka terkait media mulai mendapatkan solusi dan pencerahan.

“Literasi Media yang dijalankan tim pengabdian Masyarakat UMY banyak manfaatnya, bagi kami,” kata perwakilan mitra pengabdian Ibu Sumiyati didampingi Pak Anang, pak Sholeh, bu Tutik, bu Risma, bu Alifah, bu Nisma, bu Asri dan peserta lainya yang semangat mengikuti acara literasi media yang diselenggarakan. (*)

 

BERITA REKOMENDASI