UMY Beri Pelatihan Manajemen Kecerdasan Emosi dan Manajemen Administrasi Skrining

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pelatihan Manajemen Kecerdasan Emosi dan Manajemen Administrasi Skrining PTM bagi kader kesehatan dilaksankan Pendidikan Dokter/ Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY di Dusun Gamping Kidul, RT 03 RW 17, Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Menyempurnakan kegiatan terdahulu dalam rangka membentuk kader kesehatan yang terampil dalam pencegahan PTM di lingkungan masing-masing, kegiatan ini memberikan kenterampilan dalam mengatur emosi dan menerapkan administrasi dalam skrining PTM.

“Pelatihan ini merupakan rangkaian dari kegiatan pengabdian dua tahun sebelumnya. Program pengabdian bertujuan untuk menerapkan pola hidup sehat di masyarakat khususnya di Dusun Gamping Kidul. Sasaran utama pelatihan adalah kader kesehatan dan ibu-ibu anggota PKK RT 03 di Dusun Gamping Kidul. Pada tahun pertama telah dilakukan skrining ibu berisiko penyakit tidak menular (PTM) dan terbentuk terbentuk grup senam yang diikuti oleh 30an lebih orang anggota PKK Dusun Gamping Kidul. Senam telah berjalan rutin 2x seminggu sebelum masa pandemi, namun pada masa pandemi covid-19 kegiatan senam tidak dilaksanakan. Tahun ke-2 dilanjutkan dengan pelatihan mengenai cara pemeriksaan darah sederhana untuk skrining dan penyusunan menu gizi seimbang,” jelas Dr drh Tri Wulandari Kesetyaningsih MKes penanggung jawab kegiatan ini.

Kegiatan tahun ke-3 (2021) menyempurnakan program penerapan pola hidup sehat dengan menyelenggakan pelatihan manajemen emosi dan administrasi skrining PTM sehingga nantinya dapat digunakan di Posyandu Lansia atau Posbindu. Pelatihan diikuti oleh 15 orang kader kesehatan yang tahun sebelumnya telah mengikuti pelatihan dalam rangkaian kegiatan yang sama.

BERITA REKOMENDASI