UMY Dampingi Kelola Sampah Kering di Wonokerto

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sebanyak 50 warga Desa Wonokerto, Turi, Sleman mengikuti pelatihan pengelolaan sampah kering yang diselenggarakan melalui Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Melalui pelatihan ini diharapkan warga bisa mengelola sampah dengan benar sehingga bisa berkontribusi dalam penyelesaian masalah sampah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dosen Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Arie Kusuma Paksi.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat Desa Wonokerto mengenai apa yang bisa mereka lakukan mengurangi bahaya pemanasan global melalui partisipasi menjaga lingkungan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk program manajemen pengelolaan sampah kering yang berbasis masyarakat,” kata Arie dalam keterangan tertulis yang diterima Krjogja.com, Selasa (17/3/2020).

Lebih lanjut Arie mengatakan, program tersebut meliputi tiga kegiatan; yakni sosialiasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan melalui pengelolaan sampah yang efektif dan memanfaatkan nilai ekonomi sampah, workshop tentang pengelolaan sampah kering khususnya menggunakan metode sedekah sampah, serta praktok pemilahan sampah kering.

“Peserta sangat puas karena selama ini mereka telah mengelola sampah melalui bank sampah, akan tetapi belum berjalan dengan baik. Sementara pengelolaan sampah melalui sedekah sampah mendorong masyarakat untuk berkerja secara ikhlas dan menolong sesama,” ucap Arie. Kegiatan ini dikoordinir Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M UMY)  (*)

BERITA REKOMENDASI