UMY Fasilitasi Listrik Tenaga Surya di Pedukuhan Plombon Banguntapan

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta membantu fasilitas listrik tenaga surya di Pedukuhan Plumbon, Banguntapan Bantul. Fasilitas itu tepatnya diberikan di jalan utama RT 12 Plumbon yang menghubungkan dengan Dukuh Karangjambe.

Muhammad Abdus Shomad ST MEng dari D3 Teknologi Mesin Program Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengatakan tujuan dari fasilitasi tersebut tujuannya adalah memanfaatkan tenaga surya untuk penerangan jalan. Juga untuk mengurangi tindak kriminal di wilayah tersebut karena kurangnya penerangan.

“Pertama kali kami melakukan survei terlebih dulu di Dusun Plumbon, selanjutnya berkoordinasi dengan kepala dusun, dilanjutkan sosialisasi program pengabdian masyarakat,” kata Muhammad Abdus dalam keterangan tertulis kepada KRjogja.com.

Sosialisasi diikuti tokoh masyarakat, BPD Desa Banguntapan, Dukuh Plumbon Ketua Pokgiat, Ketua RW se-Plumbon dan lain-lainnya. Setelah sosialisasi dilanjutkan penentuan titik lokasi pemasangan lampu, pemasangan lampu dan evaluasi.

“Kami menyambut baik, program dari LP3M UMY karena sangat bermanfaat,” kata Kepala Dukuh Plumbon, Aris Purnomo. Hal senada diungkapkan Sudarjono selaku BPD Desa Banguntapan.

“Harapannya kerajsama ini tidak hanya sampai disini, namun ada tindak lanjut kerjasama lainnya, misalnya pompa irigasi bertenaga surya,” harap Supardi, selaku Ketua RW se-Plumbon.

Muhammad Abdus Shomad mengatakan dari kegiatan pengabdian ini sambutan warga dan tokoh masyarakat  sangat antusias. Warga memberikan respon positif serta dukungan terhadap program ini dengan ditandai jumlah peserta pada saat sosialisasai, penyuluhan, dan peran warga dalam pemasangan lampu jalan tenaga surya.

Melalui kegiatan pengabdian ini maka UMY mendapatkan pesan dan kesan di hati  warga masyarakat sebagai kampus peduli yang berperan aktif terhadap perkembangan, kemajuan kewilayahan. Harapannya ada tindak lanjut dari program pengabdian masyarakat ditempat ini. (*)

BERITA REKOMENDASI