Webinar Story Telling Hadirkan Pendongeng Profesional

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menyelenggarakan Webinar Story Telling: Why and How. Acara berlangsung Jumat, (02/07/2021).

Pada webinar story telling ini, PBI menghadirkan pendongeng profesional Kak Aio (Ariyo Zidni) dan Kak Laila. Kak Aio, Pendongeng, Pelatih Mendongeng, Penulis Cerita anak, Co-founder Komunitas Ayo Dongeng Indonesia. Sementara Kak Laila (Nurlaila Nikmah Afina) adalah mahasiswa PBI UAD, pendongeng, pemenang berbagai storytelling competition.

Selaku penanggung jawab dari Prodi PBI, Soviyah, S.Pd., M.Hum., memberi pengantar sekaligus berperan aktif dalam membersamai para narasumber webinar, bersama partisipan yang hadir langsung melalui Zoom atau menyimak melalui streaming YouTube. “Dalam webinar ini dibahas mengapa diperlukan story telling, bagaimana membawakannya dan prospek profesi sebagai story teller,” ujarnya.

Diawali Kak Laila, peserta webinar mendapat gambaran proses dari awal mulai dari pendidikan dalam keluarga, di sekolah dan perguruan tinggi, pengaruh dongeng, sampai menjadi pendongeng berkelas. Presentasi Kak Laila diselingi dengan demonstrasi mendongeng.

Selanjutnya Kak Aio menyampaikan sisi praksis pendongeng yang multi prospek. Tidak hanya mendongeng untuk sekedar bercerita, aktivitas ini ternyata dapat difungsikan untuk metode belajar mengajar.

Lebih dari itu, menurut Sovi, profesi sebagai pendongeng ternyata dapat menjadi jalan menciptakan atau meraih bidang kerja di lembaga seperti perusahaan atau event publik seperti acara mendongeng, menilai kompetisi dongeng dan lain sebagainya. “Jelas karenanya, story telling dapat difungsikan untuk beragam audience, dari mulai anak-anak, remaja, sampai orang dewasa,” ungkapnya.

Acara diakhiri dengan closing remark dari Kaprodi PBI UAD, Dr. Ani Susanti, M.Pd.B.I. (*)

BERITA REKOMENDASI