100 Hari Pertama Menjabat, Biden Janji Buka Sekolah

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden berjanji untuk membuka kembali sebagian besar sekolah dalam waktu 100 hari menjabat. Rencana tersebut disampaikan setelah Biden berjanji untuk mengendalikan penyebaran virus corona.

Namun ia kembali mengatakan jika rencana untuk membuka sekolah bergantung pada Kongres yang menyediakan dana mencukupi untuk melindungi siswa, gru, dan staf kembali beraktivitas. “Jika Kongres menyediakan dana, kami perlu melindungi siswa, pendidik, dan staf. Jika negara bagian dan kota menerapkan protokol kesehatan yang kuat yang kita semua taati, maka tim saya akan bekerja untuk memastikan bahwa sebagian besar sekolah kita dapat dibuka pada akhir 110 hari pertama saya,” tegasnya.

Biden memberikan sedikit rincian untuk membuka sekolah dengan memprioritaskan vaksin corona pada guru ‘secepat mungkin’ setelah tim medis dan garda terdepan perawatan Covid-19. Pekan ini rencananya Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) akan mengirimkan 100 juta dosis vaksin buatan Pfizer untuk 50 juta warga AS.

Data terbaru Kementerian Pendidikan AS mencatat pada tahun ajaran 20017-2018 ada 130.930 siswa, sekitar setengahnya harus melanjutkan belajar di sekolah pada akhir April mendatang untuk memenuhi janji Biden, dengan asumsi Kongres menyetujui pendanaan. Selama masa kampanye presiden pada Juli lalu, Biden mengungkap rencana untuk melanjutkan instruksi penanganan pandemi dengan mengirim paket pendanaan darurat sebesar US$30 miliar untuk membantu sekolah dibuka kembali. (*)

BERITA REKOMENDASI