13 Syarat Damai Arab Dinilai Tidak Beralasan

Editor: Ivan Aditya

QATAR, KRJOGJA.com – Qatar mengatakan 13 poin permintaan yang diajukan oleh Arab Saudi dan sekutunya berkaitan dengan kedaulatannya. Qatar juga menilai permintaan itu tidak dianggap masuk akal dan beralasan oleh Amerika Serikat.

Permintaan itu dikirimkan pemerintah Arab kepada Qatar melalui Kuwait pada Kamis (22/06/2017). Ada selang waktu lebih dari dua minggu antara pengiriman permintaan itu dengan pemutusan hubungan Qatar dengan seluruh negara lain di semenanjung Arab dan keputusan embargo.

Dokumen yang berisi permintaan itu tidak dipublikasikan, namun telah tersebar luas melalui sebuah bocoran. Salah satunya adalah meminta Doha untuk bergabung bersama Riyadh dan sekutunya untuk menyatakan bahwa konsep persaudaran Muslim itu tidak sah.

Arab juga meminta Doha untuk menutup kantor kedutaan Iran dan sebuah basis di daerah itu yang dioperasikan oleh Turki. Bukan hanya itu, mereka juga meminta televisi Al-Jazeera untuk ditutup, serta memutus semua kontak dengan grup oposisi di Bahrain, Mesir, Arab Saudi serta Uni Emirat Arab. (*)

BERITA REKOMENDASI