17 September, Pemulangan Jemaah Haji Dimulai

MEKAH (KRjogja.com) – Jemaah haji asal Indonesia sudah menjalani seluruh prosesi ibadah haji. Jemaah haji yang tergabung dalam gelombang pertama akan dipulangkan mulau Sabtu dini hari, 17 September 2016.

Menurut Kepala Bidang Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Subhan Cholid, jadwal pemulangan telah disampaikan kepada panitia dan penyelenggara penyedia jasa transportasi.

“Insya Allah bus tetap upgrade pada pemulangan ini,” ujar Subhan, dikutip dari kemenag.go.id, Kamis (15/09/2016). Dia menambahkan, jemaah gelombang pertama akan diterbangkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah.

Pada Sabtu nanti, sebanyak sepuluh kloter yang akan diterbangkan menuju Tanah Air. Kloter-kloter tersebut yaitu JKS 001, JKG 001 dan JKG 002, BTH 001, MES 001, PDG 001, BDJ 001, SUB 001 dan SUB 002, serta UPG 001.

“Mereka sudah harus segera bersiap, karena penimbangan barang bawaan harus dilakukan 48 jam sebelum penerbangan,” kata Subhan.

Sementara, Kepala Daerah Kerja Mekah, Arsyad Hidayat, mengatakan akan memperketat pengawasan saat penimbangan barang bawaan di pemondokan. Sebab, pada tahun ini check in barang dilakukan di bandara dan tidak lagi di Madinatul Hujjaj.

“Karena tahun ini ada perubahan di mana tidak ada lagi city check in, maka semua barang akan dikirim langsung ke bandara. Kalau di bandara, artinya barang tersebut akan dicek oleh pihak keamanan Arab Saudi,” ucap Arsyad.

“Dengan pola seperti ini, maka Arab Saudi yang akan menentukan barang ini sesuai aturan atau tidak. Kalau tidak sesuai aturan akan langsung dikeluarkan mereka,” kata dia. (*)

BERITA REKOMENDASI