20 Negara Berebut Daftar Beli Vaksin Rusia

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Kementerian Kesehatan Rusia mengumumkan proses produksi vaksin untuk virus Covid-19 resmi dimulai pada Sabtu (15/8) ini dan telah ada 20 negara yang mengajukan permintaan pembelian.

Kementerian Kesehatan memprediksi vaksin dengan nama komersial Sputnik V (nama resmi: Gam-COVID-Vak) bisa mulai dibagikan setidaknya Januari 2021.

Vaksin ini dikembangkan oleh Gamaleya National Research Center. Vaksin akan diberikan dua kali ke dalam tubuh manusia dalam selang tiga minggu dan diklaim bisa memicu sistem imunitas terhadap virus corona.

Kepala Gamaleya, Alexander Gintsburg, menyebut produksi vaksin dilakukan oleh tiga perusahaan dan dalam satu bulan ke depan diperkirakan satu juta vaksin selesai dibuat. “Hingga akhir tahun, akan ada 1,5-2 juta dosis yang diproduksi,” ujar Gintsburg.

Namun, ia menegaskan, untuk memenuhi kebutuhan seluruh Rusia diperlukan waktu setidaknya 9-12 bulan. Hingga saat ini, Rusia adalah satu-satunya negara yang telah mengumumkan vaksin resmi. Namun, data uji klinis vaksin belum pernah diumumkan ke publik. (*)

BERITA REKOMENDASI