20,5 Juta Orang di AS Kehilangan Pekerjaan Selama Corona COVID-19

AMERIKA SERIKAT, KRJOGJA.com – Meluasnya dampak yang ditimbulkan pada ekonomi Amerika Serikat oleh tindakan lockdown virus corona menjadi fokus tajam dan menyakitkan pada Jumat 8 Mei 2020, dengan angka-angka pemerintah menunjukkan rekor 20,5 juta orang Amerika kehilangan pekerjaan pada April 2020.

Data dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS) juga menunjukkan tingkat pengangguran meroket ke 14,7 persen bulan lalu atau yang tertinggi sejak Depresi Hebat, demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (9/5/2020).

Di belakang semua angka-angka itu adalah orang-orang nyata yang mata pencahariannya telah secara brutal dan tragis terganggu oleh pandemi virus corona.

Data lebih lanjut menegaskan konsensus luar biasa bahwa ekonomi AS berada dalam pergolakan resesi yang tajam. Tetapi dalam pemeriksaan realitas yang serius, angka-angka utama kemungkinan mengecilkan skala sebenarnya.

“Meskipun tingkat pengangguran hanya naik menjadi 14,7 persen, sedikit di bawah ekspektasi, itu terutama karena BLS masih mengalami masalah dengan kesalahan klasifikasi pekerja yang absen yang seharusnya dicatat sebagai PHK sementara,” tulis kepala ekonom Ekonomi AS Paul Ashworth dalam sebuah catatan untuk klien.

“Tanpa distorsi itu, tingkat pengangguran akan mendekati 20 persen bulan lalu.”

BERITA REKOMENDASI