29 Maret, Korut dan Korsel Adakan Pertemuan Tingkat Tinggi

SEOUL, KRJOGJA.com – Korea Selatan mengatakan bahwa tetangganya, Korea Utara telah setuju untuk menggelar pembicaraan tingkat tinggi antar-Korea pada 29 Maret di desa gencatan senjata Panmunjom. 

Pembicaraan tersebut akan menjadi pendahuluan bagi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) antar Korea yang rencananya berlangsung pada akhir bulan depan. 

Pernyataan dari Kementerian Reunifikasi Korea yang dilansir Reuters menyebutkan bahwa Korea Utara telah mengirimkan pesan pada Sabtu pagi, (24/3/2018) menyatakan bahwa pejabat mereka setuju untuk bertemu dengan pajabat Korea Selatan pada akhir bulan ini. Pertemuan itu digelar untuk mempersiapkan KTT antar-Korea April mendatang. 

KTT antar-Korea yang akan digelar di Panmunjom itu adalah yang ketiga kalinya digelar sepanjang sejarah kedua negara. Dalam pertemuan itu, Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un akan bertemu dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in untuk membahas hubungan kedua negara, terutama terkait program nuklir dan rudal balistik Pyongyang.

Ketegangan antara kedua Korea telah mencair sejak awal 2018 setelah Kim Jong-un menyatakan siap berdialog dengan Korea Selatan. Keikutsertaan Korea Utara dalam Olimpiade Musim Dingin yang digelar di Pyeogchang, Korea Selatan semakin memperkuat harapan terjadinya rekonsiliasi antara Pyongyang dan Seoul. (*)

BERITA REKOMENDASI