300 Spesies Berpindah ke Perairan AS

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Beberapa tahun lalu, Jepang menghadapi bencana besar yang membuat negara mereka porak-poranda. Ya, tsunami menghantam Negeri Matahari Terbit setelah gempa 9,0 skala Richter (SR) mengguncang pada 11 Maret 2011 sore.

Ternyata, terjangan tsunami itu tak hanya dirasakan oleh manusia, tetapi juga hewan-hewan di perairan Jepang. Tsunami telah membuat hampir 300 spesies biota laut bermigrasi hingga ribuan mil, melintasi Samudera Pasifik ke pantai barat Amerika Serikat (AS).

Bencana yang menewaskan sekir 29 ribu orang tewas itu, juga membuat migrasi terpanjang yang pernah tercatat. Bersama puing-puing, hewan laut seperti krustasea, siput laut, dan cacing harus dipindahkan hingga 7.725 kilometer (km) ke perairan Oregon, AS.

Menurut seorang ahli di bidang kelautan dari Oregon State University, John Chapman, mengatakan bahwa bencana telah mengukir sejarah baru. Migrasi terpanjang terjadi akibat sebuah bencana. "Migrasi ini ternyata merupakan salah satu percobaan alam yang tidak terencana dalam biologi kelautan, mungkin dalam sejarah," ujar John Chapman. (*)

BERITA REKOMENDASI