33 Calhaj Indonesia Meninggal Dunia di Tanah Suci

JEDDAH (KRjogja.com) – Jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat di Arab Saudi terus bertambah. Terakhir dilaporkan ada empat jemaah haji yang meninggal dunia di Madinah dan Mekah.

Jemaah yang meninggal adalah Awaludin bin Abu Sahar Tanjung (58) dari embarkasi Medan kloter 0111 dan Kadiran bin Molyadi Sokaryo (71) asal embarkasi Surabaya kloter 022.

Keduanya merupakan jemaah haji reguler. Awaludin meninggal setelah terserang cardiovaskular diseases. Dan kondisi serupa juga dialami oleh almarhum Kadiran.

Sedangkan untuk jemaah haji khusus yang wafat adalah Yudha Arifin bin Kasah (55). Dia wafat di pemondokan di Madinah akibat sakit respiratory diseases. Sementara Abdul Hamid bin Lapewa Palewa (53) wafat pada 27 Agustus di RS Arab Saudi Mekah dengan penyakit yang sama.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dr Muchtaruddin, hampir sebagian besar kasus jemaah wafat akibat penyakit jantung. Hal ini lantaran jemaah Indonesia merupakan berkategori risiko tinggi.

"22 Kasus di antaranya akibat terkena jantung dan pembuluh darah atau cardiovaskular diseases," ujar dr Mochatruddin di Jeddah seperti ditulis di laman Kemenag, Minggu (28/8/2016). (*)

BERITA REKOMENDASI