33 Tentara Turki Tewas dalam Serangan Udara di Idlib Suriah

ANKARA, KRJOGJA.com – Sedikitnya 33 prajurit Turki tewas dalam serangan udara di Provinsi Idlib, Suriah, sementara sejumlah tentara yang jumlahnya masih belum diketahui secara pasti, mengalami luka-luka. Pejabat Turki menduga serangan udara tersebut dilancarkan oleh militer Suriah.

“Di Idlib, angkatan bersenjata Turki menjadi sasaran serangan unsur-unsur rezim dalam serangan udara,” kata Gubernur Provinsi Hatay Rahmi Dogan kepada media, sebagaimana dilansir Russia Today, Jumat (28/2/2020).

Kantor berita Anadolu, dengan mengutip Dogan awalnya melaporkan sembilan prajurit tewas, sebelum kemudian merevisinya menjadi 33 prajurit.

Banyak prajurit Turki lainnya juga terluka dalam serangan udara itu, tetapi sejauh ini jumlah mereka masih belum jelas.

Laporan yang tidak diverifikasi beredar di media sosial pada Kamis, mengklaim bahwa puluhan tentara Turki tewas dalam serangan udara “Rusia”, dan puluhan lainnya terluka. Kabar lain juga menyebutkan bahwa rumah sakit di Hatay berjuang untuk menangani para korban yang terluka.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Ankara mengenai laporan-laporan tersebut.

Sekretaris Pers Presiden Recep Tayyip Erdogan, Fahrettin Altun pada Jumat pagi, 28 Februari 2020, mengatakan bahwa Turki telah melakukan respons balasan terkait insiden tersebut dengan melancarkan serangan udara dan artileri terhadap pasukan pemerintah Suriah. (*)

BERITA REKOMENDASI