33,5 Juta Warga Amerika Ajukan Tunjangan Pengangguran

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Sebanyak 3,2 juta orang yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) telah mengajukan permintaan tunjangan pengangguran dalam sepekan terakhir. Jika diakumulasi sejak pertengahan Maret maka sekitar 33,5 juta orang telah meminta tunjangan yang sama.

Hal ini berarti satu dari lima pekerja telah mengajukan tunjangan pengangguran tersebut dalam waktu tujuh pekan terakhir. Lonjakan terjadi sejak pemberlakuan lockdown untuk memerangi virus covid-19 dilakukan di Negeri Paman Sam.

Dalam kondisi normal, pengajuan pengangguran per pekan di AS rata-rata tak sampai 200 ribu orang. Angka ini mengalami lonjakan signifikan jika mengacu data 6,9 juta pengajuan pengangguran pada pekan terakhir bulan Maret lalu.

Jumlah pengajuan tunjangan pengangguran yang dilaporkan setiap minggu oleh Depnaker AS terus mengalami penurunan sejak akhir Maret lalu. Namun, jumlah pengajuan itu tetap tinggi.

Pemerintah AS juga merespons krisis ini dengan meluaskan definisi pekerja yang pengajuan penganggurannya ditanggung, seperti kontraktor, wiraswasta, dan para pekerja lepas.

“Data menunjukkan krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya telah menghantam layanan garis depan seperti restoran dan bisnis ritel, tetapi sekarang telah mencapai bisnis manufaktur hingga industri kesehatan,” kata Andrew Sttetner dari The Century Foundation. (*)

BERITA REKOMENDASI