40 WN Malaysia yang Ditahan di Suriah Terkait Terorisme Bakal Dipulangkan

MALAYSIA, KRJOGJA.com – Kepolisian Malaysia saat ini sedang berusaha untuk membawa pulang 40 warga negaranya yang ingin kembali, setelah ditahan atas dugaan terorisme di Suriah.

"Total 40 dari 65 warga Malaysia yang ditahan di Suriah telah menghubungi kami dan memberi tahu kami bahwa mereka ingin pulang. Kami berharap jumlah mereka yang ingin kembali naik dari waktu ke waktu," ujar Kepala Divisi Pencegahan Terorisme Cabang Khusus (Aman) Cabang Bukit Aman, Datuk Ayob Khan Mydin Pitchay.

"Kami telah memperoleh informasi bahwa kamp-kamp di Suriah berada dalam situasi kritis, terutama karena kekurangan makanan."

Dilansir dari the Straits Times, Minggu (13/10/2019), dari 40 orang, 11 di antaranya adalah laki-laki, dan sisanya adalah perempuan dan anak-anak, katanya kepada wartawan setelah panel di Forum Perdana yang diselenggarakan oleh Yayasan Dana Kesejahteraan Muslim Malaysia (YDKMM) bersamaan dengan Hari Prajurit di Masjid Sultan Idris Shah II.

Deputi Komandan Ayob Khan mengatakan polisi hanya bisa terlibat dalam tahap awal upaya untuk membawa pulang warga Malaysia, tetapi keputusan akhir akan berada pada pemerintah dan proses komunikasi dengan agen-agen asing.

"Para lelaki itu sekarang ditahan di penjara Al-Hasakah sementara para wanita dan anak-anak ditempatkan di kamp Badan PBB Urusan Pengungsi (UNHCR)," katanya.(*)

BERITA REKOMENDASI