5 Desa Rohingya Dibakar, 1.250 Bangunan Hancur

RAKHINE (KRjogja.com) – Citra satelit terbaru yang ditunjukkan kelompok Human Rights Watch (HRW) pada Senin (21/11/2016) menunjukkan lima desa komunitas Rohingya dibakar dalam tindakan keras militer Myanmar. Selain itu, sebanyak 1.250 bangunan hancur. 

Citra satelit yang diungkap HRW itu diambil dari desa di dekat perbatasan Bangladesh. HRW mengecam pemerintah Myanmar yang masih tetap menyangkal tindakan keras terhadap kelompok minoritas Muslim di negara bagian Rakhine itu.

Sebelumnya, pemerintah Myanmar mengatakan bahwa kurang 300 rumah telah dihancurkan oleh militan bertujuan untuk menabur benih kesalahpahaman antara pasukan pemerintah dan orang-orang Rohingya. Direktur HRW Asia, Brad Adams, menyebut gambar satelit terbaru itu mengkhawatirkan.

"Sensor satelit juga mendeteksi kebakaran di beberapa desa,” katanya. 
"Serangan-serangan pembakaran yang jelas terhadap lima desa Rohingya adalah masalah memprihatinkan yang perlu diselidiki pemerintah Myanmar dan mengadili mereka yang bertanggung jawab,” ujar Adams, seperti dikutip Deutsche Welle. 

Sekitar 1,1 juta Muslim Rohingya selama ini mendiami wilayah Rakhine, Myanmar. Namun, pemerintah Myanmar tidak mengakui status kewarganegaraan dan hak-hak dasar mereka dengan alasan komunitas Rohingya merupakan imigran ilegal asal Bangladesh. (*)

BERITA REKOMENDASI