6,47 Juta Warga India Terinfeksi Corona, 100.842 Orang Meninggal

Editor: Ivan Aditya

INDIA, KRJOGJA.com – Kematian akibat Covid-19 di India menembus angka 100 ribu pada Sabtu (03/10/2020), sehingga mereka menempati urutan ketiga dalam daftar negara dengan tingkat mortalitas tertinggi. Kementerian Kesehatan India melaporkan bahwa kasus kematian akibat Covid-19 di negara itu tepatnya mencapai 100.842.

India pun menempati urutan ketiga sebagai negara dengan kasus kematian akibat Covid-10 tertinggi setelah Amerika Serikat dan Brasil. Sementara itu, total kasus Covid-19 di India sudah menembus 6,47 juta kasus, terbanyak kedua di dunia setelah AS.

Namun, jumlah ini masih diragukan banyak pihak mengingat jumlah penduduk di India empat kali lipat lebih banyak ketimbang AS. Selain itu, India juga baru melakukan satu juta tes per hari, lima kali lebih rendah dibandingkan AS.

“Kami tidak tahu ketepatan tingkat kematian di India. India tidak memiliki sistem pengawasan kesehatan masyarakat, yang mendokumentasikan semua kejadian penyakit dan kematian secara real-time,” kata ahli virus T Jacob John.

Hasil studi terbaru menunjukkan bahwa kasus Covid-19 di India kemungkinan sudah menembus 60 juta, 60 kali lipat dari angka resmi. (*)

BERITA REKOMENDASI