9.500 Pasukan Amerika Segera Angkat Kaki dari Jerman

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Trump dikabarkan memerintahkan Pentagon untuk memangkas jumlah personil militer AS sebanyak 9.500 dari 34.500 yang saat ini bertugas di Jerman. Sejauh ini, belum ada konfirmasi dari para pejabat AS tentang dugaan rencana tersebut.

Trump sendiri sejak lama memicu kekhawatiran Eropa dalam beberapa tahun terakhir lewat tudingannya bahwa sesama anggota NATO tidak membelanjakan cukup uang untuk bidang pertahanan. Jerman sendiri jadi yang terbanyak menampung pasukan AS di Eropa.

Johann Wadephul, anggota senior dalam partai Persatuan Kristen Demokrat (CDU) yang mengusung Kanselir Jerman Angela Merkel, mengatakan rencana pengurangan pasukan AS ini menunjukkan bahwa Trump mengabaikan tugas kepemimpinan dasar melibatkan mitra aliansi dalam proses pengambilan keputusan.

Lihat juga:Erdogan Ancam Tutup Dua Pangkalan Militer AS di Turki
Senada, Rolf Muetzenich, pemimpin kelompok Partai Sosial Demokrat (SPD), yang merupakan mitra koalisi Merkel, mengatakan rencana AS ini dapat mengarah pada penataan kembali kebijakan keamanan yang berkelanjutan di Eropa. (*)

BERITA REKOMENDASI